Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Thursday, April 13, 2006

A Book Lover's Journal

A Book Lover's Journal
Buku A Book Lover's Journal (cetakan ke-7, April 1991) sudah lama saya beli, di Gramedia tahun 1993. Waktu itu saya beli dalam keadaan di-diskon. Sayang harga diskonnya sudah terhapus, tapi harga asli masih ada, yaitu Rp 32.050. Cukup mahal untuk ukuran tahun 1993. Padahal harga yang tercetak di buku (harga US) adalah $9.95. Dengan kurs US$ sekitar Rp 2.000 harga buku itu sebenarnya kurang dari Rp 20.000. Seingat saya, buku ini dibeli dengan harga Rp 9.000-an, masih terjangkaulah pada waktu itu. Sekarang harga buku ini adalah US$ 0.42 (barusan cek harga di amazon) dan ternyata sudah ada sejak Oktober 1986.

Sesuai dengan judulnya, buku ini menyediakan halaman-halaman kosong untuk mencatat buku-buku yang pernah dibaca. Sudah disediakan baris-baris "Title", "Author", "Date Read", dan "Comments". Di samping itu, juga ada halaman-halaman "Books to Read", "Books Borrowed", "Books Loaned", "Bookstores", dan "Libraries". Pokoknya, catatlah segala sesuatu mengenai buku-buku yang pernah dan akan kamu baca, buku-buku yang dipinjam dan dipinjamkan, serta toko-toko buku dan perpustakaan.

Sudah gitu,--dan ini yang membuat buku ini spesial--, buku ini dihiasi dengan gambar-gambar dan foto-foto serta sedikit uraian tentang berbagai hal yang berkaitan dengan buku. Tentang sejarah pembuatan kertas di Asia yang sudah berusia 2000 tahun; tentang buku pertama yang dicetak--Latin Bible dengan lebih dari 200 halaman-- di Mainz, Jerman tahun 1455 oleh Johannes Gutenberg; buku berbahasa Inggris yang dicetak pertama kali di Amerika Utara--The Whole Booke of Psalmes-- di tahun 1640; tentang Giambattista Bodoni (1740-1813) yang merancang lebih dari 300 typefaces; tentang perpustakaan, toko buku, dan penerbitan; dan lain-lain.

Buku "A Book Lover's Journal" dicetak di atas kertas ...(?), kertas yang warnanya agak krem, dihiasi border di atasnya. Buku ini digagas oleh Ann Dilworth dan Robert Lavelle. Robert Lavelle dan Christopher Carduff menseleksi artwork-nya dan Carduff menulis uraiannya.

Buku yang bagus, yang akhirnya jadi sayang untuk diisi coretan jurnal. Tapi dengan adanya buku ini, saya jadi terilhami untuk menjurnalkan buku-buku yang sudah dibaca. Hanya beberapa buku si yang tercatat, di sebuah buku khusus. Saya tidak begitu beruntung, jaman sekolah dulu tidak pernah ada tugas meresensi buku. Tidak seperti di sekolah adik-adik saya.

Saya juga pernah melihat wawancara Pepeng dengan Amien Rais dan Istri di acara "Warna-Warni" di RCTI, hari Selasa 14 Maret 2000 (ada catatannya, pas tidak masuk kantor pasti). Di situ Amien Rais bercerita bahwa Ibu-nya mendaftarkan Amien menjadi anggota perpustakaan. Setelah membaca suatu buku lalu dicatat. Kebiasaan ini membuka kegemaran untuk membaca. Cerita Amien Rais inilah yang semakin mendorong saya untuk mencatat buku-buku yang sudah dibaca.

O ya, di blog Yang Melintas, saya juga pernah mem-posting tentang beberapa buku yang pernah dibaca. Dan rasanya memang lebih enak mengetik jurnal di blog daripada menuliskannya di buku. Pegel euy tulis tangan. Hasilnya juga jauh lebih rapi di blog.

Jadi, apapun bukunya, apapun latar belakang membacanya--karena terpaksa (butuh ilmunya), iseng, cari hiburan, atau pas nemu--, blog ini adalah dokumentasi dari (sebagian) buku-buku yang pernah mampir ke tangan saya untuk dibaca. Mudah-mudahan Allah senantiasa menambah ilmu dan pengetahuan kita.

"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Dia telah Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya." (Al 'Alaq [Segumpal Darah]: 1-5)

3 Comments:

Blogger mina said...

menarik.... bisa jadi sumber ide buat ngeblog buku :)

October 28, 2006 7:14 AM  
Blogger Sakti Soediro said...

Subhanallah,

bagus banged, iyah aku suka blog ini mba...:)

October 05, 2008 9:01 PM  
Blogger Ati said...

alhamdulillah; terima kasih ya... :)

October 06, 2008 9:40 AM  

Post a Comment

<< Home