Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Saturday, June 24, 2006

The Notebooks of Leonardo Da Vinci

penulis: Leonardo Da Vinci, 1452-1519
penerjemah: Jean Paul Richter, 1847-1937

Posting kali ini berbeda karena saya belum pernah membaca The Notebooks of Leonardo Da Vinci. Jadi posting ini bukanlah suatu review dari buku yang sudah dibaca. Kebetulan ketika sedang browsing internet kemarin, sampailah saya pada situs web yang memungkinkan membaca The Notebooks of Leonardo Da Vinci melalui RSS mulai dari halaman 1, yaitu http://interconnected.org/home/more/davinci/index.html. Situs ini juga menyediakan link (tautan?) ke kata pengantar dari penerjemah dan daftar isi Volume I.

The Notebooks of Leonardo Da Vinci disediakan oleh Project Gutenberg dan bahka bisa di- download (diunduh?) secara gratis. The Notebooks of Leonardo Da Vinci sendiri adalah e-book yang terbanyak di-download dari Project Gutenberg dalam sebulan ini (informasi yang tersedia hanya untuk 7 hari dan 30 hari terakhir).

Sebagaimana diketahui, Leonardo Da Vinci adalah seorang pelukis, pengamat dan pemikir art, science, dan teknik. Minatnya terbentang luas mulai dari manusia, cahaya (mungkin berkaitan dengan LDV yang pelukis), arus air, dan lainnya. Beberapa abad yang lalu, LDV sudah memikirkan pembuatan helikopter, hang glider, tank, dan peralatan lainnya, yang baru terwujud pada abad ke-20!

Sepanjang hidupnya, LDV menuliskan catatan-catatannya. Setelah kematiannya, catatan ini tersebar di teman-temannya dan akhirnya berada di museum Louvre di Prancis, serta perpustakaan di Spanyol, Itali, dan Inggris. Bill Gates memiliki The Codex Leicester, yaitu koleksi catatan science LDV dalam tulisan tangan, yang pernah dimiliki oleh Thomas Coke, Earl of Leicester yang pertama.

The Notebooks of Leonardo Da Vinci terdiri dari 1.565 halaman. Adanya RSS dari The Notebooks of Leonardo Da Vinci memungkinkan kita membacanya sesuai dengan posting terbaru, halaman per halaman. Untungnya browser Safari dari Apple mendukung RSS (lihat Safari RSS). Dengan mem-bookmark RSS-nya, browser akan memberi tahu setiap ada posting-an halaman baru. Oh ya, jika ingin membaca The Notebooks of Leonardo Da Vinci dengan menggunakan RSS mulai dari halaman 1 bisa meng-klik http://interconnected.org/home/more/davinci/2006-06-23.rss. Selamat membaca! ☺

2 Comments:

Blogger mina said...

mbak, mendownload gak Notebook ini? menurut saya sih, angka download yang tinggi itu karena curious saja, kayak apa sih Notebook nya orang jenius ini. saya udah langganan yang page-per-page, dan saya berhenti di halaman 10, isinya saya tidak mengerti :D

October 28, 2006 7:11 AM  
Blogger Ati said...

iya, sepertinya orang2 memang ingin tahu dan ingin dokumentasi bagaimana proses belajar seorang LdV.. Sy masih dl dan baca dan memang tdk berusaha utk ngerti. Entar kalau ngerti, jadi LDV versi Indonesia lagi.. hehe..

October 28, 2006 11:49 PM  

Post a Comment

<< Home