Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Thursday, September 07, 2006

Dunia Sophie dan Alam Pikiran Yunani



Dunia Sophie (Judul Asli: Sofie's Verden)
Penulis: Jostein Gaarder
Penerjemah: Rahmani Astuti
Penyunting: Yuliani Liputo
Penerbit: Mizan, cetakan XIV: Oktober 2003 (cetakan I: Oktober 1996)

Alam Pikiran Yunani
Penulis: Mohammad Hatta
Penerbit: UI-Press dan Tintamas, cetakan gabungan ketiga: Oktober 1986 (cetakan gabungan pertama: 1980, cetakan I jilid I: 1941)

Pernah mendengar tentang Kierkegaard, Descartes, Kant, Socrates, Marcus Aurelius, Nietzsche, Heidegger, Sartre, Plato, Cicero, Aristoteles? Apa dan siapakah mereka? Bagaimanakah hubungan mereka satu sama lain? Jawabannya ada di Dunia Sophie karena Dunia Sophie menyediakan time line sejarah pemikiran filosofis manusia sejak jaman Yunani kuno hingga abad ke-20. Penyajiannya dikemas dengan gaya misteri sehingga ada rasa penasaran untuk terus mengikuti perkembangan pemikiran manusia dari zaman berkembangnya mitos-mitos sampai kepada zaman kemajuan ilmu pengetahuan saat ini yaitu dengan adanya pendapat mengenai Dentuman Besar.

Dari buku ini juga saya mengetahui adanya budaya Indo-Eropa dan budaya Semit. Indo-Eropa mencakup seluruh negara Eropa kecuali yang penduduknya berbicara dengan bahasa-bahasa Finno-Ugria (Lapp, Finlandia, Estonia, dan Hungaria). Kira-kira 4.000 tahun yang lalu, gelombang suku Indo-Eropa menjelajah ke tenggara menuju Iran dan India, ke barat daya menuju Yunani, Italia, dan Spanyol, ke barat menuju Prancis dan Inggris, ke barat laut menuju Skandinavia, dan ke utara menuju Eropa Timur dan Rusia. Kebudayaan Indo-Eropa dipengaruhi oleh kepercayaan kepada banyak dewa (politeisme). Ada nama dewa atau kata-kata dari berbagai tempat dengan budaya Indo-Eropa yang berasal dari akar kata yang sama. Misalnya, kata viten di Norwegia mempunyai akar yang sama dengan kata vidya di India, idea di Yunani, dan video dalam bahasa Latin.

Bangsa Semit berasal dari Jazirah Arab. Agama Yahudi, Kristen, dan Islam sama-sama berlatar belakang Semit. Ciri khas bangsa Semit adalah monoteisme. Agama Yahudi, Kristen, dan Islam mempunyai gagasan dasar yang sama bahwa hanya ada satu Tuhan.

Lalu, apa hubungannya Dunia Sophie dengan Alam Pikiran Yunani? Isi awal Dunia Sophie mengingatkan saya akan Alam Pikiran Yunani. Alam Pikiran Yunani menguraikan mengenai pertanyaan-pertanyaan atau pemikiran manusia pada zaman Yunani kuno yang berakhir pada masa Helenisme, yang juga dimuat di Dunia Sophie. Alam Pikiran Yunani yang disusun oleh Mohammad Hatta, salah seorang proklamator RI, bermula dari bahan pemberian 'kuliah' oleh Bung Hatta kepada penduduk (orang buangan juga?) ketika dalam pembuangan di Boven Digul, Papua. Jilid I terbit tahun 1941. Sedangkan jilid II baru terbit tahun ..... 1949! dan jilid III tahun 1968.

Mengagumkan! Para founding fathers, meskipun berada di pembuangan Boven Digul tahun 1940-an (bagaimana ya kondisinya????) masih bersemangat untuk belajar dan memberi pelajaran. Filsafat pula!!! Kemudian yang jilid II, di tengah-tengah perjuangan menegakkan kedaulatan negara yang baru merdeka, di tengah-tengah menjabat Wakil Presiden, setelah menerima buku-bukunya dari Banda Neira, Bung Hatta menyiapkan jilid II yang terputus dengan Aksi Militer Belanda II. Dan jilid III disiapkan hampir 20 tahun kemudian.

Dunia Sophie membuat kita mengenal usaha manusia yang tidak putus-putusnya mencari jawaban akan pertanyaan-pertanyaan filosofis manusia. Alam Pikiran Yunani, meskipun memuat hanya sebagian sejarah pemikiran manusia, namun memberikan keteladanan dari Bapak Bangsa Mohammad Hatta yang terus menerus belajar dan memberikan pelajaran.

10 Comments:

Blogger Sahrudin said...

hai kutu buku...

October 15, 2006 11:53 PM  
Blogger Ati said...

halo, terima kasih sdh mampir..
kutubuku? rasanya enggak deh..

October 20, 2006 1:56 PM  
Blogger mina said...

Dunia Sophie bikin kita jadi tahu filosof-filosof dunia dengan cara yang menarik bagi orang yang cepet ngantuk baca buku teks seperti saya ini hehehe....

October 28, 2006 6:58 AM  
Blogger Ati said...

setuju..

October 28, 2006 11:26 PM  
Blogger Mohammad Rifai said...

Hi lagi.
Penulian Dunia Shopie memang sangat bagus sehingga membuat orang penasaran terus.
Saya pernah baca buku berjudul "Para Pencari Tuhan". Buku itu menceritakan Plato, Kant, Aristoteles dll dari sisi yang berbeda. Di buku itu, para filosopies ini adalah orang2 yang percaya keesaan Tuhan. Sayangnya penggunaan logika yang terlalu dalam menyebabkan mereka salah berfikir di tataran esensi Tuhan. Itu menurut si penulis buku itu. Saya lupa pengarangnya.

Inti dari buku itu adalah dengan filsafat kita bisa membuktikan adanya Tuhan, tetapi ketika kita tidak berhati2 kita akan jatuh ke dalam kebingungan tentang Tuhan.
Sebagai contoh pernyataan bahwa Tuhan cuma satu dan berada di mana2 menjadi paradoks. Bagimana bisa berada di mana2 kalau cuma satu? Dan pertanyaan2 yang lainnya yang bisa membahayakan dan membingungkan diri sendiri...

December 13, 2007 10:07 PM  
Blogger Ati said...

Di toko buku, sy menemukan "Para Pencari Tuhan", Isinya terjemahan kisah2 sufi yg dihimpun Idries Shah. Bukan ttg Plato, Kant dll spt yg mas Rifai sampaikan. Apakah ada buku "Para Pencari Tuhan" yg lain (yg ttg Plato, Kant) ? Atau mungkin judul sebenarnya bukan "Para Pencari Tuhan"?

Ttg kisah2 sufi yg di "Para Pencari Tuhan"-Idries Shah, rasanya sy pernah membaca paling tidak kisah yg pertama. Terjemahan kisah2 sufi yg dihimpun Idries Shah pernah diterbitkan dulu di th 1980-an, ketika penerbitan buku2 sufi lagi marak2-nya. Tapi judul bukunya bukan "Para Pencari Tuhan". Sy lupa judul dan penerbitnya, mesti bongkar peti dulu utk mencari buku dimaksud..

January 18, 2008 4:51 PM  
Blogger sakti soediro a.k.a kaka kiyudh said...

blogwalking mbak ati. lagi penasaran ama alam pikiran yunani nih. abis ngubek ngubek kwitang gak nemu jugak :). untung nemu comparative writingna kedua buku itu disini hehe. uda pernah baca dunia sophie, jadi agak berkurang dikit deh penasarannya...

tapi tetep pengen baca...nice to find you mbak :)

October 05, 2008 8:54 PM  
Blogger uak said...

Satu hal yang saya suka dari buku ini karena mengurai perjalanan Filsafat dalam bentuk novel, sederhana plus rumit... hehehehhe

July 13, 2010 10:38 PM  
Blogger Dowload Software said...

10 tahun lalu saya pernah baca buku ini dan luar biasa bagusnnya, wajar bila disebut Best seller, ...... jadi kangen pengen baca lagi, kalo ada yang berbaik hati mengirimkan ke saya aboeazka@gmail.com

December 28, 2010 4:48 PM  
Blogger fandi aganta91 said...

yah ini dia buku yang aq cari2 tpi blm ketemu jg, sunggu aq sangat penasaran dng isi Dunia Sophie.....kira2 dimana yh....dapatx

May 18, 2011 11:37 PM  

Post a Comment

<< Home