Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Friday, June 11, 2010

Sebatang Kara

Judul Asli: Sans Familie
Penulis: Hector Malot
Alih bahasa: Tanti Lesmana (dari terjemahan bahasa Inggris "Nobody's Boy")
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: I, 2010
Tebal: 378 halaman

Sebatang Kara bercerita tentang Remi yang diculik ketika masih bayi, diasuh oleh Ibu Barberin, dijual kepada Signor Vitalis, dan menemukan ibu kandungnya. Bersama dengan Signor Vitalis, Remi mengembara di Prancis dan Italia, mengadakan pertunjukan-pertunjukan bersama hewan-hewan peliharaan. Setting cerita sepertinya adalah Eropa pada abad ke-19. Hector Malot sendiri, sang penulis cerita hidup dari tahun 1830 sampai dengan tahun 1907.

Dulu sekali, tahun 1970-an, cerita ini pernah dimuat secara bersambung di majalah anak-anak "si Kuncung" dengan judul--kalau tidak salah-- "Sendiri Di Dunia". Dulu, cerita ini termasuk favorit saya sampai saya baca berulang-ulang.

Sekarang, meskipun di sana sini terasa kuno, pengembaraan Remi dan teman-temannya ternyata masih lumayan seru untuk dibaca. Pertarungan antara baik dan buruk, perjuangan hidup anak manusia, bersifat universal dan masih berlangsung hingga kini. Meskipun kisah tentang Remi adalah kisah klasik (kalau tidak disebut kuno), hal-hal yang ditemui Remi ternyata masih aktual hingga kini.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home