Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Tuesday, December 09, 2008

Maryamah Karpov

Penulis: Andrea Hirata
Penyunting: Imam Risdiyanto
Perancang sampul: Andreas Kusumahadi
Ilustrasi isi: Yudi Irawan
Pemeriksa aksara: Ifah Nurjany, Oktaviani
Penata aksara: Iyan Wb.
Penerbit: Bentang, cetakan I: November 2008

Akhirnya..., terbit juga! Setelah diberitakan akan terbit September 2008, ternyata Maryamah Karpov akhirnya terbit pada akhir November 2008 yang lalu.

Masih seru, masih ada lucu-lucunya, dan masih sangat percaya pada kekuatan mimpi. Apakah kekuatan mimpi ini membuktikan "law of attraction"? Jika kita mendambakan sesuatu, berikhtiarlah sekuat tenaga dan pikiran. Pada akhirnya, akan ada jalan yang terbuka, dan tangan-tangan yang terulur siap membantu mewujudkan mimpi itu. Tapi, apakah ini berlaku untuk semua mimpi?

Sebagian besar dari Maryamah Karpov bercerita tentang kehidupan Ikal di kampung halamannya--Belitong-- setelah lepas dari hidup bermandi madu ketika studi di Eropa. Dan sebagian besar dari cerita kehidupan di Belitong itu terkait dengan upaya Ikal mencari A Ling, impiannya.

Di sinilah Andrea Hirata menunjukkan semakin menariknya ia bercerita dibandingkan di buku-buku sebelumnya. Tentang orang tuanya, tentang Arai--sepupunya--, tentang kebiasaan penduduk desanya, tentang teman-temannya Laskar Pelangi, tentang pembuatan perahu, tentang lanun di perairan Malaka, pendeknya tentang hal-hal yang sederhana maupun yang ajaib, yang belum pernah didengar atau diketahui.

Meskipun demikian, ada juga yang mengganjal di buku ini (maafkan tukang protes ini..), yaitu pengukuran tinggi badan Laskar Pelangi ketika kelas dua dan kelas tiga SMP (halaman 258). Apakah mungkin ABG menjadi lebih pendek dalam waktu satu tahun? Harun menjadi lebih pendek 1 cm, Ikal 3 cm, dan Syahdan 9 cm!

Satu hal lagi yang ingin ditanyakan ke Ikal, setelah peristiwa yang ia alami, masihkah ia membungkus dengan tilam, menempatkan di atas nampan pualam?

3 Comments:

Blogger MARSLI N.O said...

Salam Sdri Budi. Saya datang membaca dan membuat link blog Sdri. Terima kasih kerana sudi berbagi informasi yang bererti.

December 13, 2008 11:35 PM  
Blogger Isma Ae Mohd said...

Saya pun tidak sabar hendak baca Maryamah Karpov setelah senang dengan laskar pelangi.
tapi lambat lagi di pasaran Malysia

January 03, 2009 3:10 PM  
Blogger melissa pasaribu said...

saya sudah baca. dan seperti yang kita tahu Andrea Hirata hadir sebagai pendobrak novel-novel di Indonesia. tapi harus di akui. buku ini endingnya jelek banget. sampe katanya Andrea bakal buat buku sekuel laskar pelangi berikutnya.

April 19, 2010 2:59 PM  

Post a Comment

<< Home