Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Sunday, May 24, 2009

Kunci Rahasia George ke Alam Semesta

Judul asli: George's Secret Key to the Universe
Penulis: Lucy & Stephen Hawking dengan Christophe Galfard
Ilustrasi: Garry Parsons
Alih bahasa: Andang H. Sutopo
Editor: Widi Lugina
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama, Cetakan I: Mei 2009

Ingin berpetualang seru ke ruang angkasa sambil belajar mengenai alam semesta? Ikuti kisah George dengan tetangga misteriusnya Annie dan Eric--ayah Annie--, serta komputer canggih Cosmos.

Sambil mengikuti kisah seru, pembaca juga diberi informasi tentang bintang, bulan, planet, exoplanet, komet, tata surya, lubang hitam. Juga ada pertanyaan: apakah kita memusatkan perhatian untuk memperbaiki kehidupan di bumi dan menghadapi masalah-masalah bumi, atau haruskah kita berusaha menemukan planet lain yang bisa dihuni umat manusia?

Buku ini dilengkapi dengan foto-foto berwarna yang menakjubkan mengenai bintang-bintang dan benda-benda langit lainnya serta kotak-kotak informasi, yang menambah nilai buku ini. Buku juga dipenuhi ilustrasi dari kisah George sehingga menyiratkan bahwa buku ini untuk anak-anak, padahal di cover belakang khusus disebutkan bahwa buku ini untuk semua umur.

Mungkin ini kesan saya saja: menurut saya, gambar George di ilustrasi buku koq seperti Pangeran Kecil di Le Petit Prince (lebih-lebih kalau George sedang pakai syal), dan gambar Pak Eric mengingatkan saya pada ayahnya Dennis di komik Dennis the Menace (karena kacamata kotak?). Hmm, tidak penting ya? Yang jelas, setelah membaca buku ini saya jadi hapal nama-nama planet di sistem tata surya kita, yaitu: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.

Betapa alam semesta sangat menakjubkan! ... "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, ..." (sebagian dari s. Ali 'Imraan : 191).

1 Comments:

Blogger dela said...

wow..saya beli buku ini sekitar setahun yang lalu, dan isinya sangat bagus. sudah saatnya pengetahuan dibagikan dengan cara yang fun seperti ini. genius hawking!! :)

January 29, 2010 11:46 AM  

Post a Comment

<< Home