Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Wednesday, October 18, 2006

The Opposite of Fate [Lawan Dari Takdir]

Lawan Dari Takdir
Penulis: Amy Tan
Alih bahasa: Julanda Tantani

Di dalam Lawan Dari Takdir (terjemahan dari The Opposite of Fate), Amy Tan menceritakan kisah hidupnya yang sama memikat dengan cerita-cerita fiksinya. Dari kedua orang tua berasal dari Cina, Amy Tan lahir dan dibesarkan di Amerika dalam pengaruh budaya Cina, oleh ibu yang setiap kali mengancam hendak bunuh diri dan memiliki masa lalu yang termasuk kelam di Cina. Tetapi dasar tukang cerita, apa yang dilalui oleh Amy Tan dan keluarganya rasanya menjadi cerita yang seru, yang tidak semua orang memilikinya.

Di buku ini Amy Tan menyatakan bahwa dirinya adalah penulis Amerika dan merasa disalahpahami dengan Asia-Amerika-nya sehubungan dengan karya-karya fiksinya yang berlatar belakang budaya Cina. Kejadian 9/11 pun mempengaruhi Amy Tan sebagai orang Amerika. Di akhir buku, Amy Tan menceritakan dirinya yang terkena penyakit Lyme yang membuatnya berhalusinasi dan menjadi bingung jika serangan penyakit datang.

Mana yang lebih seru dari Amy Tan: cerita fiksi atau nonfiksi-nya? Sulit ditentukan. Yang jelas, keduanya sama-sama memikat.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home