Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Monday, July 16, 2007

Edensor

Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: PT. Bentang Pustaka, Mei 2007

Buku ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi-Sang Pemimpi-Edensor-Maryamah Karpov berisi potongan-potongan mozaik Ikal dan Arai, sebagian kecil di Belitong dan yang besar sisanya di Eropa dan Afrika. Seperti Sang Pemimpi, bagian-bagian cerita disebut sebagai mozaik.

Potongan-potongan mozaik susul menyusul. Yang mengharukan, yang menyenangkan, yang menyedihkan, yang seru, yang bikin manggut-manggut, yang sulit dipercaya (masa sih ada yang seperti ini?), yang biasa-biasa saja.. Kemudian, ternyata ada potongan mozaik yang tidak disangka-sangka bertautan dengan potongan mozaik lainnya.

Mozaik-mozaik yang bukan lagi impian, melainkan sudah menjadi kenyataan!
"Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu." (Arai)
Untaian mozaik yang mengasyikkan untuk diikuti, menemani saya dalam penyeberangan speed boat Nunukan-Tarakan dan penerbangan Tarakan-Jakarta.

Hanya saja, ada sedikit koreksi untuk buku ini, yaitu Presiden Amerika Serikat pembebas perbudakan bukanlah Benjamin Franklin (halaman 213), melainkan Abraham Lincoln. Sedangkan Benjamin Franklin adalah salah seorang founding father Amerika Serikat, salah seorang manusia dengan multi minat dan talenta. (heheh, sok tahu ya.. cmiiw)

1 Comments:

Blogger bumgembul said...

salam...
Mampir neh... Kami BUMGEMBUL, media anak muslim nusantara. Tempat nongkrong bocah smart. Tengok kami yach... mohon masukannya.
Thanks

August 23, 2007 8:52 PM  

Post a Comment

<< Home