Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Sunday, March 25, 2007

La Grande Borne


Penulis: Nh. Dini
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2007

La Grande Borne, sebuah kawasan perumahan di Grigny, di selatan Kota Paris, adalah tempat tinggal Dini sekeluarga sejak akhir musim panas 1970. Di sinilah Dini mengurus rumah tangga, membesarkan anak-anaknya, dan menghadapi masalah ketidaksepahaman dengan suami.

Sebenarnya apa yang diceritakan Dini adalah peristiwa sehari-hari, seperti sekolah anak, ke dokter gigi, berkenalan dengan tetangga, liburan keluarga, mendapatkan SIM, hewan peliharaan, hobby suami, dan lain-lain. Hal-hal yang sederhana, yang sebenarnya juga dialami oleh ibu-ibu rumah tangga pada umumnya. Yang tidak biasa--bagi orang Indonesia-- adalah settingcerita yang di Prancis, di dalam sebuah keluarga campuran ayah Prancis - ibu Indonesia, dengan pekerjaan ayah yang diplomat Prancis dan ibu seorang penulis. Di sini juga diceritakan mengenai map yang berisi naskah-naskah tulisan Dini, yang dibawanya ketika Dini berlibur ke rumah temannya di Belanda untuk menulis. (Jadi membayangkan jaman belum ada laptop dan internet..) Selain itu, juga ada perselingkuhan dan sakit berat yang dialami Dini. Dini menceritakan pengalaman mancanegara-nya dengan warna pribadi seorang perempuan Jawa.

La Grande Borne adalah bagian dari Seri Cerita Kenangan yang disusun Dini. Hmmm.. seperti apa ya buku-buku Seri Cerita Kenangan sebelumnya? Jadi ingin baca buku-buku itu, juga buku La Barka. Coba ah, kalau ke rumah ortu, saya akan cari "La Barka". Siapa tahu ada..

0 Comments:

Post a Comment

<< Home