Buku, Buku, Buku!

verba volant, scripta manent ~ kata-kata yang diucapkan akan lenyap, yang dituliskan akan tetap

My Photo
Name:
Location: Bintaro, Tangerang Selatan 15412, Indonesia

Born and raised in Jakarta, I wonder when, where and how this journey end? .. and how will I reborn again?

Saturday, December 22, 2007

an inconvenient truth


Penulis: Al Gore
Penerbit: Bloomsburry Publishing, London, 2006 (diterbitkan pertama kali di USA oleh Rodale, 2006)

an inconvenient truth - The Planetary Emergency Of Global Warming And What We Can Do About It bermula dari slideshow, yang kemudian berkembang menjadi buku dan film dalam judul yang sama. Buku ini merupakan buku kedua Al Gore, setelah buku pertamanya Earth in The Balance terbit tahun 1992. Adalah Tipper (istri Al Gore) yang mengusulkan untuk menyusun buku yang disertai dengan foto dan gambar grafis agar krisis iklim mencapai khalayak yang lebih luas.

Buku ini sama seperti film an incovenient truth, memperlihatkan slideshow tentang pemanasan global akibat peningkatan emisi CO2 dan efek rumah kaca serta pengaruhnya terhadap perubahan iklim di bumi, tetapi dalam intensitas yang lebih kuat. Yah, memang pictures speak louder than words. Tetapi juga, karena narasi di buku ini lebih dalam dan luas dan pembaca memiliki waktu yang lebih lama untuk mencerna. Film an inconvenient truth memiliki keunggulan tersendiri karena adanya animasi grafis pada slideshow yang disiapkan Al Gore, tetapi penonton mungkin tidak cukup waktu untuk mengendapkan karena film atau slideshow terus bergerak.

Sama seperti filmnya, buku ini diselingi dengan uraian mengenai kehidupan keluarga Al Gore dan Tipper, masa kecil Al Gore, kakaknya Nancy, ilmuwan Roger Revelle.

Di akhir buku, Al Gore menuliskan apa yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi masalah krisis iklim, yang secara garis besar adalah:
• hemat energi di rumah;
• bepergian dengan cara hemat;
• kurangi konsumsi, lestarikan (lingkungan) lebih sering;
• jadilah katalisator untuk perubahan.
Beberapa saran--dan situs web yang disertakan--tampaknya hanya dapat dilaksanakan oleh mereka yang tinggal di Amerika Serikat atau ditujukan untuk yang tinggal di negara 4 musim, tetapi banyak saran lainnya bisa diterapkan secara universal.

Al Gore juga mengingatkan adanya 10 konsepsi yang salah mengenai pemanasan global, seperti:
1. Ilmuwan tidak sepakat mengenai apakah manusia merupakan penyebab iklim bumi berubah.
2. Banyak hal dapat mempengaruhi iklim--sehingga tidak ada alasan untuk mengkhawatirkan hanya CO2.
3. Secara alamiah iklim akan bervariasi dari waktu ke waktu sehingga setiap perubahan yang kita lihat saat ini hanyalah bagian dari siklus alamiah.
4. Lubang di lapisan ozon menyebabkan pemanasan global.
5. Tidak ada yang dapat kita perbuat mengenai perubahan iklim. Sudah terlalu terlambat.
6. Lembaran es Antartika bertumbuh sehingga tidak benar bahwa pemanasan global menyebabkan glasir dan es di laut mencair.
7. Pemanasan global adalah hal yang baik, karena akan menghindarkan kita dari musim dingin yang parah dan menyebabkan tanaman lebih cepat tumbuh.
8. Ilmuwan pemanasan global mencatat bahwa ini hanyalah akibat kota-kota yang memperangkap panas, dan bukan efek gas rumah kaca.
9. Pemanasan global adalah akibat meteor yang menabrak Siberia di awal abad ke-20.
10. Suhu di beberapa wilayah tidak meningkat sehingga pemanasan global adalah mitos.

Buku dan juga film an inconvenient truth membawa pesan yang kuat yang semakin menyadarkan manusia dalam menjaga bumi yang hanya satu-satunya ini untuk kepentingan manusia dan anak-cucunya saat ini dan nanti.

4 Comments:

Blogger Lapa said...

Boas Festas de Portugal.

December 26, 2007 7:15 PM  
Anonymous shell said...

Happy New Year from Portugal.
Literary Greetings

January 02, 2008 8:55 AM  
Anonymous Lintasberita said...

Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di Lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk Blogspot dengan installasi mudah. Salam!

http://www.lintasberita.com/Lokal/an_inconvenient_truth/

January 04, 2008 1:22 PM  
Blogger Ati said...

greetings to you all... thank you...

January 13, 2008 3:54 PM  

Post a Comment

<< Home